Apa Saja Penyebab Penyakit Batu Empedu ?

By | April 27, 2015
Share

Batu empedu atau gallstone muncul secara perlahan di kantung empedu tanpa menimbulkan efek sakit. Setelah batu empedu itu berukuran besar, dengan diameter sekira setengah centimeter, baru timbul rasa sakit, terutama dipinggang.

Penyakit batu empedu jika tidak segera disembuhkan akan memberikan dampak pada penyakit hati, penyakit saluran batu empedu dan penyakit yang berhubungan dengan usus. Informasi lengkap cara menyembuhkan batu empedu bisa dibaca di : Cara alami pengobatan penyakit batu empedu.

bentuk batu empedu

Bentuk batu empedu yang dikeluarkan lewat operasi

Lalu, apa penyebab munculnya batu empedu tersebut sehingga banyak yang lalai ?

1. Faktor makanan
Penyebab utama batu empedu adalah pola makan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak  jenuh dan kolesterol tinggi, seperti jeroan,otak dan daging bergajih.

2. Pola diet yang salah
Biasanya orang yang mengalami kegemukan atau obesitas melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Diet yang salah bisa berakibat pada pembentukan batu empedu. Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mengontrol penyerapan gula dalam tubuh. Gula adalah faktor terbesar dari obesitas. Anda bisa mengkonsumsi Sugar Stop. Informasi lengkap produk ini silahkan baca : Sugar Stop untuk menghambat penyerapan gula.

3. Penggunaan alat kontrasepsi
Konsumsi yang berlebih dari pil KB dan pil hormon untuk mengontrol kehamilan ternyata memberikan dampak pada pembentukan batu empedu. Silahkan konsultasi ke dokter atau bidan mengenai cara yang tepat di dalam mengontrol kehamilan.

4. Kehamilan
Kehamilan memberikan dampak pada pembentukan batu ginjal. Ketika kehamilan datang, kita harus lebih waspada terhadap asupan pola makan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah – buahan. Hindari makanan yang akan meningkatkan berat badan secara drastis seperti gula dan lemak.

5. Usia
Bertambahnya usia membaca konsekuensi pada penurunan kerja organ – organ tubuh. Pada kondisi ini, idealnya kita harus lebih bijaksana di dalam menjaga pola hidup dan pola makan.

6. Penggunaan Antibiotik
Konsumsi antibiotik yang dianggap sebagai solusi penyembuhan penyakit sudah menjadi hal umum. Sedikit saja kita merasa pusing, panas badan naik atau diare, kita langsung mengkonsumsi antibiotik. Padahal antibiotik tersebut bukan solusi penyembuhan sumber penyakit, tetapi hanya gejala penyakit.

Demikian artikel mengenai penyebab timbulnya penyakit batu empedu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *