Berbagai Mitos Seputar Penyakit Diabetes

By | May 29, 2015
Share
Penyakit diabetes mellitus termasuk jenis penyakit mematikan. Penyakit gula darah ini semakin sering ditemui di segala usia, bukan hanya pada usia lanjut. Faktor terbesar peningkatan jumlah pasien diabetes mellitus adalah perubahan gaya hidup dan pola makan yang cenderung tidak sehat. Berkembang pula mitos seputar penyakit diabetes.
mitos penyakit diabetes

Waspadai penyakit diabetes

Perkembangan teknologi gadget dan hiburan multimedia menjadikan orang cenderung untuk bersikap pasif dan jarang bergerak. Saat yang sama, populasi kendaraan pribadi yang meningkat tajam membuat orang lebih senang duduk dibandingkan berjalan. Aktifitas fisik yang makin berkurang. Dan makanan yang banyak mengandung gula serta serba instan. Kegemukan atau obesitas sudah menjadi hal yang lumrah. ( Baca juga : Pemicu munculnya penyakit diabetes )
Kondisi – kondisi di atas menjadikan penderita diabetes mellitus meningkat. Demikian halnya jumlah kematian akibat diabetes.
Di tengah ancaman penyakit diabetes, lalu apa saja mitos – mitos yang berkembang seputar penyakit gula darah ini.
1. Penyakit diabetes adalah penyakit orang tua
Saat ini, semakin banyak anak – anak dan remaja yang terkena penyakit diabetes akibat pola hidup dan pola makan yang salah. Anggapan bahwa penyakit diabetes hanya menyerang orang tua adalah anggapan yang salah.
2. Penyakit diabetes adalah penyakit keturunan
Pasien penyakit diabetes bisa ditelusuri dari riwayat diabetes dalam keluarga. Namun, diabetes bukanlah penyakit keturunan. Jika ada orang tua kita menderita penyakit diabetes, dan kita kemungkinan mendapatkan penyakit diabetes, hal itu dikarenakan pola makan dan pola hidup dalam keluarga kita yang memang mendukung timbulnya penyakit diabetes.
3. Penyebab diabetes adalah makanan manis
Penyakit diabetes terjadi akibat pankreas tidak optimal memproduksi insulin. Kekurangan insulin memiliki dampak tidak bisa diuraikannya gula dalam darah sehingga sel darah kelebihan gula. Penyembuhan penyakit diabetes dengan cara memperbaiki pankreas sehingga insulin bisa diproduksi kembali dan didukung dengan mengontrol asupan gula dalam tubuh.
Apakah penderita penyakit diabetes harus berhenti mengkonsumsi gula ? Sumber gula atau glukosa bukan hanya berasal dari gula (yang dibuat dari tebu), tetapi juga dari sumber makanan yang lain seperti beras, tepung, minuman dalam kemasan dan buah – buahan. Yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes adalah mengontrol asupan gula disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. ( Baca juga : Waspadai gejala penyakit diabetes )
4. Gula darah naik atau turun bisa dirasakan oleh tubuh
Tubuh bisa merasakan kadar gula darah dalam tubuh kita tinggi atau rendah dengan gejala tidak wajar yang diperlihatkan. Gejala tidak wajar tersebut antara lain sering buang air kecil, tubuh terasa lemas, keringat dingin, pusing, mual dan mudah lapar. Namun, ada kalanya gula darah tinggi tidak dirasakan oleh tubuh. Cara terbaik untuk menentukan kadar gula darah adalah dengan memeriksakan darah di laboratorium.
5. Obat herbal lebih baik dari obat medis ataupun sebaliknya
Baik obat herbal ataupun obat medis, keduanya baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Dengan catatan bahwa kedua jenis obat tersebut telah melalui uji klinis dan dibuat dengan dasar – dasar ilmiah. Untuk penyembuhan penyakit diabetes, Anda perlu juga membaca artikel berikut berkaitan tentang cara alami pengobatan penyakit diabetes.
Demikian beberapa mitos tentang penyakit diabetes semoga dapat membantu kita memahami penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *