Berbagai Penyebab Penyakit Jantung

By | July 12, 2015

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang meminta korban jiwa terbanyak di dunia. Jumlah penderita penyakit jantung meningkat dari tahun ke tahun. Kematian akibat penyakit jantung seringkali tidak diduga sebelumnya. Pasalnya, orang yang terlihat bugar ternyata tidak identik dengan kondisi jantungnya yang sehat.

Artikel ini membahas tentang faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung. Dengan mengetahui penyebab penyakit jantung diharapkan kita bisa melakukan tindakan pencegahan atas serangan penyakit mematikan ini.

Bayangkan biaya pengobatan penyakit jantung di rumah sakit terhitung besar. Penanganan penyakit jantung membutuhkan dokter ahli spesialis jantung. Biaya bertambah besar jika dalam proses penyembuhan penyakit jantung membutuhkan tindakan operasi jantung. Pendek kata, mencegah penyakit jantung lebih baik dibandingkan bila harus mengobati. Baca juga : Cara terapi jantung lemah 

Berikut berbagai penyebab timbulnya penyakit jantung.

1. Makanan

Makanan adalah sumber terbesar penyebab terjadinya penyakit jantung. Makanan menjadi sumber energi dan pembentukan sel Рsel baru. Dengan makanan yang berkualitas maka kondisi sel Рsel tubuh akan selalu terjaga. Sebaliknya, jika makanan kurang berkualitas akan menimbulkan gangguan pada pembentukan sel Рsel tubuh, termasuk pada jantung. Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit kardiovaskular.

Jenis makanan yang tidak berkualitas antara lain junk food, berbahan pengawet, mengandung bahan kimia buatan, makanan yang dibakar, makanan berlemak tinggi, makanan dengan kandungan gula tinggi dan makanan beralkohol. Saat yang sama, kekurangan asupan sayuran dan buah – buahan.

2. Efek penyakit lain seperti kolesterol tinggi, hipertensi dan diabetes

Penyakit jantung berkaitan dengan kualitas darah. Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi atau diabetes menunjukkan kualitas darah yang rendah. Ketiga jenis penyakit ini menyumbang terjadinya penyakit jantung.

3. Kurang olah raga dan merokok

Dengan olah raga secara teratur stamina tubuh akan meningkat. Selain itu, aliran darah akan lancar dan suplai oksigen ke darah akan optimal. Dengan suplai oksigen dan aliran darah yang lancar maka kerja jantung tidak berat.

Kebiasaan merokok turut berkontribusi timbulnya penyakit jantung. Karenanya jauhi rokok.

4. Obesitas

Obesitas atau kegemukan berkontribusi terjadinya serangan jantung. Dengan kondisi berat tubuh berlebih maka otomatis kerja jantung akan lebih berat dari yang seharusnya.

5. Usia lanjut

Sebagian besar penderita penyakit jantung adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun, meskipun penyakit jantung tidak mengenal usia. Mereka yang sudah berusia lanjut akan mengalami penurunan fungsi – fungsi sel tubuh selain adanya akumulasi nutrisi yang tidak sehat dalam tubuh.

Demikian beberapa penyebab timbulnya penyakit jantung. Mulailah dengan pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *