Jangan Remehkan Sakit Kepala

By | March 18, 2019
Share

Saya memiliki teman usia memasuki 30 tahun. Memang terhitung muda. Namun, dia memiliki masalah sama setiap bangun tidur atau jika kelelahan yaitu sakit kepala. Lantas, apa yang dia lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut ? Dia membeli obat pereda sakit kepala yang banyak dijual di warung. Apakah cara yang dia pilih untuk menyembuhkan sakit kepalanya benar ? Di sini saya tidak ingin berdebat mengenai masalah pilihan penanganan sakit kepala tersebut.

Yang pertama perlu kita pahami adalah banyak jenis tipe sakit kepala. Yuk, kita simak apa saja jenis – jenis sakit kepala dan penyebabnya.

pasien-penyakit-vertigo

Jenis – Jenis Sakit Kepala

  1. Migrain telah menjadi jenis penyakit terpopuler di dunia dengan peringkat nomor 3. Dari data statistik tercatat 15 persen penduduk Bumi menderita migrain. Penderita migrain akan mengalami sakit kepala sebelah, dan bertambah sakit ketika bergerak.

Penderita migrain menjadi sensitif terhadap suara , cahaya dan perut mual hingga muntah. Kepala seperti tertusuk –tusuk, penglihatan buram tak jelas adalah kondisi lain dari penderita migrain ini. Yang bisa dilakukan ketika migrain kambuh adalah segera istirahat, tenangkan diri, kompres bagian kepala yang sakit, banyak minum air putih hangat, dan berdiam diri ditempat yang gelap.

Mengapa jumlah penderita migrain secara global bisa demikian besar ? Karena, faktor tekanan mental atau stress, beban kerja yang tinggi sehingga tubuh mengalami kelelahan adalah faktor pemicu migrain. Faktor lainnya adalah kebiasaan konsumsi alkohol dan makanan tidak sehat.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit vertigo

  1. Sakit kepala yang diakibatkan oleh postur tubuh yang salah akibat cedera leher, posisi duduk dan posisi tidur yang tidak benar. Sakit kepala jenis ini menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher.
  2. Jika Anda mengalami sakit pada salah satu bagian kepala yang begitu hebat dalam kurun 6 – 12 minggu atau 2 bulan secara terus menerus, kelopak mata bengkak, mata dan hidung berair, maka kemungkinan besar Anda mengalami sakit kepala cluster. Sakit kepala ini akibat dari cidera berat, efek merokok dan minuman keras.
  3. Sakit kepala bisa terjadi bila otak berkontraksi sementara yang diakibatkan kekurangan cairan tubuh. Obat untuk menghilangkannya dengan mengkonsumsi air secara teratur untuk memenuhi kebutuhan tubuh, minimal 2 liter perhari.
  4. Sakit kepala juga terjadi di belakang mata. Penyebab sakit kepala ini bisa dari sakit pada mata, sakit kepala cluster, ataupun kepala mengalami ketegangan.
  5. Jenis sakit kepala berikut paling sering dialami orang, yaitu sakit kepala tegang dimana rasa sakit dialami pada kedua bagian kepala, di belakang mata dan di leher.

Banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala tegang seperti kurang tidur, kelelahan, kurang makan, ataupun kepala dalam posisi konstan dalam waktu lama.

Penyebab Sakit Kepala

Selain beberapa faktor penyebab sakit kepala yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain yang mengakibatkan kepala kita bisa sakit, yaitu :

  • Mata kita sudah minus bahkan sudah plus. Atau bisa juga, karena salah memakai kaca mata. Efeknya, kita membaca atau melihat jarak jauh tidak sesuai dengan seharusnya.
  • Kelebihan kafein bisa juga menjadi penyebab kepala menjadi sakit. Normalnya, kadar kafein dalam tubuh antara 50 mg sampai 100 mg. Di atas kadar ini, memberikan efek pada tubuh.
  • Tekanan mental berlebih yang mengakibatkan stress bahkan depressi adalah penyebab lain dari sakit kepala ini.
  • Infeksi sinus menjadi penyebab lain sakit kepala. Termasuk juga dampak dari penyakit lain, seperti trigeminal neuralgia, penyakit syaraf, penyakit mata, flu dan demam tinggi dan lainnya.
  • Tanpa kita sadari, kepala kita bisa sakit karena cahaya matahari yang mengenai kepala kelewat panas, mengikat rambut terlalu kencang, memendam amarah, dan lama menatap layar komputer maupun gadget.

Jadi, jika kepala kita sakit maka perlu diketahui penyebabnya dan kemudian dicarikan solusi penyembuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *