Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Penyakit Ginjal

By | January 22, 2019
Share

Penderita penyakit ginjal harus mewaspadai beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi. Jika tidak maka penyakit ginjalnya tersebut akan memberikan resiko terjadinya penyakit jantung dan juga penyakit stroke.

Jenis makanan yang harus dibatasi oleh penderita ginjal adalah makanan yang mengandung fosfor, mengandung natrium dan garam, mengandung kalium dan juga membatasi asupan cairan serta mengontrol jumlah protein yang masuk ke tubuh.

Mengurangi makanan dengan kandungan fosfor

Pada kondisi ginjal kita sakit sehingga tidak berfungsi secara optimal, kadar fosfor dalam tubuh akan tidak terkontrol dan mengalami peningkatan. Resiko yang timbul adalah pembuluh darah akan menjadi kaku dan tulang melemah.

Beberapa jenis makanan dengan kandungan fosfor adalah fast food, makanan yang telah melalui banyak proses, kacang – kacangan, coklat, gandum, ayam, ikan, susu dan produk turunan dari susu seperti keju dan yoghurt.

Makanan dengan kandungan garam dan natrium

Natrium yang kita konsumsi berasal dari garam dan makanan kemasan. Dengan mengurangi natrium dan garam akan memberikan efek pada terjaganya tekanan darah. Efek lainnya adalah memberikan kondisi yang kondusif bagi kesehatan ginjal.

Batasi konsumsi cairan

Dengan kondisi ginjal yang tidak bisa berfungsi sempurna bahkan rusak, kelebihan cairan dalam tubuh memberikan dampak pada peningkatan tekanan darah, resiko serangan penyakit jantung, pembengkakan jantung dan gangguan pernafasan akibat sekeliling paru – paru tertimbun cairan.

Jika kondisi ginjal sehat, idealnya kita mengkonsumsi air minimal 2 liter perhari, bahkan air bisa berperan sebagai media untuk membuang racun dalam tubuh. Kondisi ini tidak berlaku jika ginjal kita bermasalah.

Kendalikan asupan kalium

Penyakit ginjal memberikan dampak pada kadar kalium dalam tubuh menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari kadar normal. Kadar kalium yang tidak ideal ini memberikan dampak negatif berupa denyut jantung tidak stabil, otot mengalami kelelahan dan kram otot. Jaringan syarafpun juga terganggu.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kadar kalium rendah antara lain kacang hijau, nasi putih, ayam dan daging, mentimun, brokoli, seledri, lada, bawang, terong serta beberapa jenis buah seperti semangka, nanas, strawberri, anggur, pir dan apel.

Jenis makanan dengan kadar kalium tinggi antara lain pasta gandung, roti, susu dan produk turunan susu, bayam, tomat, kentang, kacang – kacangan, asparagus, serta beberapa jenis buah seperti pisang, melon, kiwi, alpukat, dan jeruk.

Asupan protein harus tepat kadar dan jenisnya

Sebaiknya sumber protein hewani dibatasi atau dihentikan ketika kita menderita penyakit ginjal. Protein hewani akan memberatkan kerja ginjal. Ubah sumber protein dari hewani ke protein nabati selama masa penyembuhan penyakit ginjal.

Informasi mengenai cara penyembuhan penyakit ginjal, silahkan baca artikel berikut ini : Cara alami penyembuhan penyakit ginjal tanpa operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *