Share

Tanaman kelor tumbuhan dari suku Moringaceae . Tanaman ini banyak tumbuh di pedesaan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui manfaat kelor, terutama untuk kesehatan. Tragisnya, bagi orang di pedesaan, kelor ini justru sering digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi dan kambing.

Jika mengetahui kandungan dan manfaat kelor ini, kita akan terperangah betapa dahsyatnya sayuran ajaib ini. Pemanfaatan kelor bisa menjadi solusi pangan, reboisasi sekaligus menjawab permasalahan kesehatan.

Apa saja kandungan kelor ?

Mengapa daun kelor dikatakan sebagai sayuran atau tanaman ajaib ? Jawabannya terletak pada kandungan kelor yang luar biasa. Jika diperbandingkan dengan sayuran dan buah – buahan lainnya, berikut adalah kandungan sayuran kelor.

Kelor kaya atas vitamin A, vitamin C dan vitamin E, termasuk juga mineral, kalsium, potasium dan asam amino.

Kandungan kalsium kelor sebanyak 14 kali lipat dari susu dan 4 kalilipat pisang.

Kandungan vitamin A sebanyak 4 kali lipat dari wortel.

Kandungan vitamin c sebanyak 7 kalilipat dari jeruk.

Apa saja manfaat kelor ?

Anti stress

Daun kelor bertindak sebagai adaptogen alami yang memberikan manfaat sebagai perlindungan alami bagi tubuh yang diakibatkan oleh stress.

Menurunan gula darah

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi daun kelor setiap hari sebanyak 50 gram akan dapat mengurangi kenaian kadar gula darah sebanyak 21 persen. Kandungan daun kelor mampu bertindak sebagai antidiabetes.

Kondisi gula darah normal akan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Resiko terkena penyakit jantung, ginjal, stroke, hati dan kanker akan sangat berkurang.

Jika Anda menderita penyakit diabetes dengan kadar gula darah tinggi, silahkan baca : Cara alami penyembuhan penyakit diabetes.

Mengurangi peradangan

Daun kelor memiliki manfaat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Peradangan berkelanjutan atau terus – menerus harus kita waspadai dikarenakan bisa menjadi gejala dari penyakit yang mematikan seperti seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurunan kolesterol

Manfaat lain dari daun kelor adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Perlu diketahui bahwa kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung, stroke, pencernaan dan ginjal.

Anti kanker

Faktor terjadinya penyakit kanker sangat banyak, mulai dari genetik, penularan, infeksi penyakit yang menahun, paparan radioatif, paparan polusi, hingga faktor makanan. Kanker terjadi ketika sel – sel tubuh kita berkembang menjadi sel – sel abnormal.

Biaya penyembuhan penyakit kanker sangatlah mahal. Ternyata, melalui konsumsi daun kelor, kita bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit kanker.

Antioksidan

Saat tubuh kelelahan, stress dan terpapar polusi, tubuh menyimpan radikal bebas. Radikal bebas ini akan mengganggu metabolisme tubuh dan memiliki konsekuensi timbulnya penyakit.

Tubuh kita bisa melawan radikal bebas, namun dalam jumlah tertentu. Jika jumlahnya berlebih, tubuh membutuhkan zat lain yaitu antioksidan untuk menetralisirnya. Daun kelor kaya atas senyawa antioksidan yang mampu melawan dan menetralisir radikal bebas.

Mengobati arthritis

Nyeri sendi ataupun peradangan pada tulang ternyata bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Penyakit arthritis ini menimbulkan rasa sakit yang begitu mengganggu. Efek mengkonsumsi daun kelor menjadikan rasa sakit tersebut hilang, bahkan lebih jauh akan sembuh.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Gangguan pencernaan bisa disebabkan olah banyak hal seperti makan yang terlalu pedas, infeksi virus dan bakteri, mengkonsumsi makanan yang basi ataupun makanan yang tidak diolah. Masuknya kuman yang berasal dari lingkungan yang tercemar juga menjadi penyebab lainnya.

Kandungan daun kelor bisa menyehatkan pencernaan kita yang terganggu.

Menyehatkan mata

Mata yang sakit, rabun atau gangguan lainnya bisa disembuhkan dengan daun kelor. Kandungan vitamin A daun kelor yang tinggi adalah jawaban kenapa sayuran ajaib ini begitu bermanfaat bagi kesehatan mata.

Last modified: January 7, 2019