Mengenal Fungsi Hati, Empedu Dan Kantung Empedu

By | March 12, 2015
Share

Mengenal hati, empedu dan kantung empedu — Hati berfungsi menghasilkan empedu. Dalam sehari empedu yang dihasilkan hati 500 ml – 600 ml. Empedu ini disimpan di dalam kantung empedu.

Empedu terbentuk dari air, elektrolit dan senyawa organik dalam bentuk kolesterol, fosfolipid, garam empedu atau asam empedu, senyawa endogen dan bilirubin. Bilirubin mengakibatkan empedu berwarna kuning Рhijau. Dari berbagai penyusun empedu ini, garam empedu adalah penyusun yang utama.

Organ hati dan kantong empedu

Organ hati dan kantong empedu

Garam empedu berperan :

  • Menarik garam dan air masuk ke dalam canaliculi
  • Membersihkan tubuh dari senyawa yang berpotensi sebagai racun seperti obat metabolit dan bilirubin serta kolesterol
  • Melarutkan lemak dan vitamin serta membantu penyerapan lemak dan vitamin ke dalam tubuh. Penyerapan lemak ini dibantu dengan organisme. Lambung dan usus sendiri tidak mampu menyerap lemak.

Untuk menjalankan fungsinya, garam empedu bergerak dari hati ke usus kembali ke hati sebanyak 10 – 12 kali sehari.

Aliran empedu di atas dapat terganggu ketika jalur pergerakan empedu terhambat. Faktor penghambatnya dapat berasal dari batu empedu yang terbentuk di dalam kantung empedu, adanya infeksi bakteri yang berakibat pada peradangan saluran empedu (kolangitis akut), adanya tumor atau oleh penyakit AIDS akibat adanya infeksi oportunistik.

Pembentukan Batu Empedu

Biasanya pada orang dengan usia di atas 40 tahun akan mengalami masalah ketika empedu mengkristal menjadi batu empedu. Proses ini terjadi di kantung empedu. Dan berimbas pada peradangan kantung empedu.

Batu empedu terbentuk dari perpaduan kolesterol, kalsium dan garam. Batu empedu mengakibatkan peradangan pada kantong empedu, menghambat aliran empedu dan mengganggu metabolisme keselurahan dari fungsi hati, penyerapan lemak dan peradangan pada kantong empedu

bentuk batu empedu

Bentuk batu empedu yang dikeluarkan lewat operasi

Gejala Penyakit Kantung Empedu

Jika batu empedu terbentuk di kantuk empedu akan memunculkan gejala sakit seperti rasa nyeri pada daerah perut, mual bahkan muntah. Tindakan rumah sakit ketika mengetahui ada pasien batu empedu adalah dengan operasi. Namun, ada cara mengeluarkan batu empedu tanpa operasi. Informasi lengkap baca : Cara penyembuhan penyakit batu empedu tanpa operasi.

Munculnya Penyakit Kanker Kantung Empedu

Lebih jauh, komplikasi penyakit kantung empedu memunculkan penyakit kanker kantung empedu. Jika pasien batu empedu mengalami obesitas, perokok dan pecandu alkohol, maka potensi mendapatkan penyakit kanker kantung empedu kian besar.

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *