Pilih Secara Bijak, Jenis Pengobatan Penyakit Jantung

By | March 5, 2019
Share

Ada beberapa jenis penyakit jantung. Penyakit jantung koroner (PJK) menduduki peringkat pertama penyakit jantung dengan penderita terbanyak. Di bawah PJK, jenis penyakit jantung lainnya adalah penyakit jantung kardiomiopati, penyakit jantung katup rematik, penyakit jantung darah tinggi, dan penyakit jantung bawaan.

Data statistik yang dikeluarkan lembaga kesehatan American Heart Association menyebutkan bahwa setiap tahun terdapat penderita penyakit jantung koroner dalam kisaran belasan juta orang, dan beberapa juta mendapatkan serangan jantung.

serangan penyakit jantung bisa menimpa siapa saja
Serangan penyakit jantung bisa menimpa siapa saja

Penyakit jantung ini disebut sebagai silent killer dimana banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena sakit jantung dan meninggal dunia secara tiba – tiba. Bahwa sebagian yang meninggal dunia tersebut terlihat segar bugar dan gemar berolah raga.

Penyakit jantung koroner (PJK) disebabkan oleh penumpukan kolesterol pada dinding arteri yang berakibat pada gangguan peredaran darah ke jantung. Bahkan lebih fatal lagi, mengakibatkan penyumbatan. Efek lebih lanjut adalah otot jantung melemah, terjadi gangguan pada irama jantung dan gagal jantung.

Artikel terkait dengan penyembuhan jantung koroner silahkan baca : Solusi alami penyembuhan penyakit jantung koroner.

Gejala umum penyakit jantung koroner adalah sesak nafas, mual, muncul keringat dingin dan sering timbul rasa nyeri di dada.

Meningkatnya jumlah penderita penyakit jantung, bahan banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit jantung, mengharuskan kita untuk waspada. Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan upaya menghindari timbulnya penyakit jantung tersebut.

Berikut adalah berbagai faktor yang mengakibatkan resiko terjadinya penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, diet yang tidak terkontrol terhadap lemak, gula, kolesterol dan garam, kebiasaan merokok dan terkena paparan asap rokok termasu juga polusi udara dari asap kendaraan bermotor ataupun pabrik, tekanan mental atau stress, kurang aktifitas fisik atau olah raga, kebersihan yang tidak terjaga atau pola hidup yang jorok, riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, usia yang menua yang berakibat pada elastisitas otot dan jaringan yang melemah termasuk jantung, dan setelah melewati masa menopause.

Setelah mengetahui berbagai informasi di atas, lantas jenis pengobatan penyakit jantung apa yang kita pilih.

Penggunaan obat – obatan untuk penyakit jantung

Ada banyak jenis obat yang diresepkan dokter untuk membantu mengoptimalkan kerja jantung dengan berbagai khasiat seperti mengurangi beban kerja jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kerusakan jantung, membuat detak jantung kembali normal, melebarkan pembuluh darah, memperbaiki aliran darah ke jantung, mengurangi penumpukan cairan abnormal dalam tubuh, menstabilkan tekanan darah, dan mengurangi berbagai gejala penyebab gagal jantung.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit kardiovaskular menggunakan nutrisi bioaktif.

Tindakan operasi untuk memperbaiki dan mengganti katup jantung

Katup jantung yang rusak berpotensi menimbulkan gagal jantung. Tindakan yang dilakukan dokter adalah dengan memperbaiki katup jantung tersebut melalui operasi. Katup jantung sudah tidak bisa diperbaiki, cara yang dilakukan adalah dengan menggantinya dengan katup jantung buatan.

Dilakukan transplantasi jantung

Pilihan paling akhir untuk mengatasi gagal jantung ketika berbagai macam cara untuk menyembuhkan penyakit jantung tidak membuahkan hasil.

Dilakukan operasi bypass jantung

Operasi ini dilakukan untuk mengatasi penyumbatan pembuluh arteri yang berakibat pada terganggunya pasokan darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh arteri berakibat pada tidak optimalnya jantung bekerja bahkan bisa mengarah pada terjadinya gagal jantung.

Ventricular assist devices (VAD)

Cara ini dilakukan dengan menanamkan popa implan baik di dalam dada atau di perut, sesuai dengan kondisi, dengan tujuan untuk membantu memompa darah dari bagian bawah jantung.

Nah, di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati berbagai permasalahan penyakit jantung. Pihak rumah sakit akan memiliki banyak pertimbangan cara apa yang terbaik yang harus ditempuh pasien jantung. Kita sebagai penderita jantung bisa mendiskusikan dan sebelumnya mencari tahu informasi secara mendalam cara terbaik yang akan kita tempuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *