Resiko Kematian Akibat Penyakit Diabetes Mellitus

By | November 7, 2018
Share

Penyakit diabetes mellitus (DM) terjadi akibat kadar gula dalam darah melebihi angka normal. Dikatakan tinggi jika melebihi 200 mg/L. Penyakit diabetes dikenal juga dengan kencing manis.

Penyakit DM dengan kadar gula tinggi dikenal juga dengan hiperglikemia yang terjadi akibat pankreas tidak cukup menghasilkan hormon insulin untuk mengatur kadar gula. Penyakit DM jenis ini dikategorikan sebagai penderita diabetes tipe 2.

Perlu diketahui bahwa kematian akibat penyakit diabetes ini diakibatkan oleh komplikasi yang ditimbulkannya. Banyak jenis penyakit komplikasi seperti penyakit stroke, penyakit jantung, disfungsi ereksi, depressi, kebutaan, gangguan syaraf, infeksi gigi, infeksi gusi, infeksi pada kaki dengan kemungkinan dilakukan amputasi dan masalah pada kulit yang ditunjukkan dengan sulitnya kulit sembuh ketika luka.

Dari berbagai jenis penyakit komplikasi di atas, kematian terbesar akibat diabetes adalah dari penyakit jantung dan penyakit stroke atau jenis penyakit kardiovaskular. Resiko kematian penyakit jantung akibat DM meningkat 2 – 4 kali lipat. Demikian juga halnya dengan penyakit stroke.

Baca juga : Cara alami pengobatan kelumpuhan penyakit syaraf otak.

Jenis penyakit kardivaskular tersebut terjadi akibat kadar gula tinggi dalam darah berakibat pada timbulnya cedera pada lapisan dalam pembuluh darah.

Selain mengakibatkan cedera pada bagian dalam pembuluh darah, DM juga menyebabkan penumpukan lemak jahat (LDL) karena lebih mudah menempel pada pembuluh darah. Sebaliknya, produksi kolesterol baik (HDL) menurun. Efek jangka panjang mengakibatkan kelenturan dinding pembuluh darah akan turun. Kondisi ini dinamakan penyakit ateroklerosis. Efeknya, aliran darah ke otak dan jantung terganggu. Maka timbulah penyakit jantung, penyakit syaraf, dan penyakit stroke.

Baca juga : Cara alami pengobatan penyakit jantung lemah dengan nutrisi bioaktif

Pencegahan penyakit DM ternyata sangat mudah. Pertama, atur pola makan dengan makanan yang sehat dan kaya serat seperti sayur dan buah – buahan. Kedua, olah raga yang cukup dan ketiga, jaga kondisi psikis tetap rileks dan bahagia.

Pencegahan penyakit DM dilakukan setelah kita mengenal gejala – gejalanya yang muncul. Berikut gejala kencing manis yang perlu diketahui.

  • Mudah lelah
  • Sering kencing pada malam hari
  • Pandangan mata kabur
  • Haus yang berlebihan
  • Luka sulit kering bahkan memborok
  • Sesak nafas
  • Mulut kering
  • Nafas berbau buah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *