Tanda – Tanda Awal Penyakit Jantung

By | January 29, 2015
Share

Penyakit jantung telah menjadi penyakit mematikan terbesar di dunia. Tidak jarang, korban serangan penyakit jantung terlihat sehat segar bugar dan rajin olah raga sebelum meninggal. Banyak yang kemudian kaget, kok bisa ya orang yang sehat meninggal dunia. Faktanya memang seperti itu. Penyakit jantung membunuh secara diam – diam dan mendadak.

Jika kita menyadari bahaya dari penyakit jantung, maka kita perlu waspada terhadap tanda – tanda penyakit jantung ini. Semakin dini kita mengenali gejala penyakit jantung maka semakin baik. Kita bisa melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kesehatan jantung kita.

Tanda - tanda penyakit jantung

Tanda – tanda penyakit jantung

Yuk, kita kenali tanda – tanda awal penyakit jantung.

Pembengkakan
Pembengkakan umumnya terjadi pada pergelangan kaki dan perut. Kondisi ini terjadi akibat jantung tidak berfungsi sempurna dan kelainan pada katub jantung sehingga terjadi penumpukan cairan tubuh.

Sesak nafas
Terjadi penebalan pada otot jantung, kelainan pada katub jantung dan denyut jantung yang tidak teratur akibat aliran darah yang tidak lancar. Efek yang kemudian dirasakan adalah sesak nafas

Sakit pada bagian tubuh
Akibat arteri tersumbat mengakibatkan peredaran darah terganggu. Dampaknya muncul rasa sakit di tangan, lengan, bahu,siku,  leher dan punggung yang datang  silih berganti.

Rasa cemas
Penyakit jantung memunculkan rasa cemas, takut, was – was dan kuatir bagi penderita penyakit jantung. Padahal kondisi psikologis yang tidak tenang ini akan memicu kembali munculnya serangan jantung. Jika kita merasa cemas atas akibat penyakit jantung, tenangkan diri kita,

Keluar keringat dingin
Tubuh mengeluarkan keringat ketika kita tidak beraktifitas fisik, seperti berolah raga, perlu kita waspadai. Jika jantung kita bermasalah, ada ciri dengan adanya keringat yang keluar tersebut, yang tidak seperti biasanya.

Mudah Lelah
Kita merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktifitas fisik yang berat. Bahkan setelah bangun tidur-pun terasa lelah.

Sering mual
Terjadi pembengkakan pada bagian perut yang menimbulkan rasa mual akibatnya nafsu makan berkurang.

Kepala terasa sakit
Kepala mudah terasa sakit, misalnya ketika mata terkena sorotan cahaya efeknya perubahan denyut jantung lebih cepat atau sebaliknya. Denyut jantung yang sensitif terhadap pengaruh lingkungan ini menunjukkan jantung dalam kondisi rentan.

Nyeri di dada
Nyeri dada bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya penyumbatan arteri.Nyeri di dada ini bisa merambat ke lengan dan punggung.

Jika Anda mengalami gejala – gejala di atas, patut diwaspadai kesehatan jantung Anda. Lakukan upaya – upaya pencegahan penyakit jantung dengan mengubah pola makan dan gaya hidup lebih sehat. (lebih lengkap baca : Cara mencegah serangan jantung )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *